Tuesday, December 2, 2014

Senjata Maha Sakti Seorang Trader

Begitulah sesuai judulnya, seorang trader harus memiliki senjata sakti nya sendiri.

Know Your Own Weapon & Style (Kenali Senjata dan Gaya Anda)

Intinya, anda harus memilih teknik yang sesuai dengan gaya anda dan kuasailah teknik tersebut.

Apa-apa senjata seorang Trader?

"FATA" , ya ini lah senjata seorang trader

Fundamental Analisis dan Technical Analasis

1. Fundamental Analisis

Adalah analisa sebuah saham berdasarkan laporan keuangan, mengetahui laba rugi perusahaannya dan kinerja perusahaannya, mengetahui siapa yang memimpin perusahaan tersebut dan bagaimana dia memimpin perusahaaan.

Intinya , apakah anda mau membeli saham perusahaan yang rugi terus sepanjang tahun atau bahkan beberapa tahun?? Apakah anda mau membeli perusahaan yang dipimpin oleh seorang yang divonis pidana korupsi? Tentu tidak !!!
Anda tidak ingin uang anda pada perusahaan yang tidak jelas asal usulnya.

Fundamental analisis dipakai untuk investasi jangka panjang, misalnya kita melihat bahwa tahun 2015 wah presiden kita Pak Jokowi sangat pro dengan pembangunan sehingga sektor infrastruktur akan naik.


2. Technical Analisis

Adalah analisa sebuah saham dengan cara melihat grafik, pola grafik, menggunakan indicator-indicator.

Intinya seorang trader berusaha mengetahui pergerakan saham dari grafik atau biasa kita sebut chart.
Sejarah/histori berulang dengan sendirinya. Maka seorang trader melihat pola pergerakan saham, dari pola tersebut dia bisa mengetahui bahwa saham ini akan naik atau turun, karena sejarah akan berulang.

Technical analisis dipakai untuk investasi jangka menengah dan pendek. Dia bisa melihat apakah saham ini dalam rentang waktu tertentu apakah bullish (tren naik) atau bearish (tren turun)

Sebagai seorang swing trader saya lebih fokus kepada Techinal Analisi dan saya juga sedikit mempelajari fundamental suatu perusahaan atau keputusan pemerintah dalam menentukan saya kapan harus masuk atau keluar.

Contohnya, grafik saham cenderung uptrend sebelum pemilu presiden, dilihat dari chart saham infrasturktur contohnya WSKT juga uptrend, bila yang terpilih Pak Jokowi, maka pasti bisa lebih naik. Saya masuk sebelum pemilu dan BOOM sehari dua hari setelah pemilu WSKT naik dan saya langsung Take Profit karena sudah menyentuh target profit saya.

Selanjutnya saya akan membahas mengenai chart saham. :)

Quote of the day :

Bruce Lee mengatakan, bahwa ia lebih takut kepada orang yang berlatih 1 tendangan 1000 kali daripada orang yang berlatih 1000 tendangan

Jika anda rajin mengasah ilmu anda pada bidang tertentu maka niscahaya anda akan lebih menguasainya.



No comments:

Post a Comment